[artikel] tips menghadapi masalah

Minggu, 08 Maret 2009


alhamdulillah, tanggal 6 maret 2009 yang lalu ada aa gym di masjid Al Barkah, deket TK Aisiyah 10 Garunggang Kulon, TK saya dulu :) walau nggak ikut dari awal ceramah, tapi insya Allah ada banyak yang bisa didapet. ceramahnya Tentang kiat-kiat menghadapi masalah, di antaranya:

  1. Siap
  2. Ridha dengan segala ketetapan Allah Subhanahu wa Ta'ala (Karna hanya Allah lah yang Mahamengetahui yang terbaik bagi hamba-hamba-Nya)
  3. Jangan mempersulit diri. "Permudahlah urusan jangan dibuat susah" Masalah menjadi sulit karena kita sendiri yang menyulit-nyulitkan masalah. So, jalani saja. HHN (hadapi, Hayati, Nikmati). Ingat pula rumus sabar = rumus puasa "ketika kita haus, lapar, lalu kita sabar, itu karena kita yakin ada adzan maghrib) begitu pula masalah, kita lalui dan bersabar, karna semua ada akhirnya, tidak ada yang kekal di dunia ini.
  4. Evaluasi diri. "Siapakah yang jadi ilah selain Allah? Coba tafakuri dalam hati, siapa yang dituhankan?" astaghfirullaah al'Adziim.. astaghfirullaah al'Adziim.. astaghfirullaah al'Adziim..
  5. Cukup Allah sebagai penolong
rahasia taubat: "barangsiapa yang memperbanyak taubat, hatinya akan dilapangkan dan akan diberikan jalan keluar dari arah yang tidak diduga-duga. Allah Subhanahu wa Ta'ala lebih tahu persoalan kita daripada diri kita sendiri. "barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, maka Allah akan cukupi.."
.: Surat Cinta dari Allah 'Azza wa Jalla :.
"....Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. " (QS Ath Thalaaq: 2-3)





0 komentar: