[memori] Ketika Allah mencintai hamba-Nya

Jumat, 13 Maret 2009

Hadis riwayat Abu Hurairah Radhiallahu 'Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam bersabda: "Sesungguhnya apabila Allah mencintai seorang hamba, maka Dia akan memanggil Jibril dan berkata: Sesungguhnya Aku mencintai si fulan maka cintailah dia! Jibril pun mencintainya. Kemudian dia menyeru para penghuni langit: Sesungguhnya Allah mencintai si fulan, maka cintailah dia! Para penghuni langitpun mencintainya. Kemudian dia pun diterima di bumi. Dan apabila Allah membenci seorang hamba, maka Dia memanggil Jibril dan berkata: Sesungguhnya Aku membenci si fulan, maka bencilah pula dia! Jibril pun membencinya. Kemudian dia menyeru para penghuni langit: Sesungguhnya Allah membenci si fulan, maka bencilah kepadanya. Para penghuni langit pun membencinya. Kemudian kebencianpun merambat ke bumi." Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim: 4772

Subhanallaah.. saya memili kisah tentang beberapa orang teman saya.. ketika saya melihat wajahnya.. saya merasakan pancaran keikhlasan dan ketaqwaan mereka.. Ingin sekali saya bercerita tentang mereka..

Mungkin kali ini saya bercerita sedikit tentang keseharian mereka. Memang tiap-tiap dari mereka memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda-beda, namun dari kesemuanya banyak sekali hikmah yang saya dapatkan. mudah2an kebaikan mereka pun dapat berimbas pada kita dengan meneladaninya sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullaah Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam. amiin..

  • Hal yang paling utama yang saya lihat dari mereka adalah ketulusan mereka dalam melaksanakan amal shalih sekecil apapun dan mereka tidak peduli dengan pujian manusia karena tujuan mereka hanyalah Allah bahkan ketika mereka melakukan amalan yang besar sekalipun..
  • Mereka sungguh-sungguh dalam mengerjakan segala sesuatu karna mereka yakin itu adalah amal yang kelak akan menjadi bekal perjumpaannya dengan Allah Ta'ala..
  • Tawadhu'.. benar-benar terlihat dari sikap mereka, dari wajahnya..
  • Menghindari hal-hal yang sia-sia, berkata-kata berlebihan, dan makan minum berlebihan, hal yang hingga saat ini sering saya sesali karna saya sering melakukan kebalikannya..
  • Mengutamakan yang utama, shalat fadhu' di awal waktu, shalat malam, dan lainnya..
  • Peduli dengan lingkungan sekitarnya..
  • Merahasiakan amalannya. Banyak dari amalan mereka yang mereka rahasiakan. namun banyak pula amalan mereka yang Allah singkapkan kepada hamba-hamba-Nya di bumi untuk menjadi jalan hidayah dari-Nya..

Itulah sekelumit kisah tentang teman-teman saya, saya yakin masih banyak amalan mereka yang hanya diketahui oleh Allah Subhanahu wa ta'ala dan diri mereka sendiri.

Saya menulis ini bukan berarti saya mengetahui isi hati mereka, hanya Allah Ta'ala Yang Maha Mengetahui isi hati hamba-hamba-Nya. saya hanya menuliskan apa yang mampu saya lihat dan saya rasakan dari diri teman-teman saya..

Wallahu 'alam bishawab

Yaa Rabbi, merekakah hamba-hamba yang Engkau cintai? bila iya, golongkan hamba bersama mereka Ya Allah.. amiin Yaa Rabbal 'Aalamiin..




0 komentar: